STRATEGI PROMOSI PENJUALAN KAPAL WISATA PESUT ETAM SAMARINDA MELALUI MEDIA SOSIAL AKUN INSTAGRAM DAN FACEBOOK PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.54144/jsp.v3i2.51Keywords:
Facebook, instagram, promosi penjualan masa covid-19, strategi promosi penjualanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi penjualan (sales promotion)
yang dilakukan oleh Kapal Wisata Pesut Etam melalui media sosial akun facebook dan instagram serta
untuk mengetahui ketidakefektifan atau penghambat pada masa pandemi Covid-19 dalam
mempromosikan objek wisata susur sungai mahakam yaitu Kapal Wisata Pesut Etam. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pada penelitian ini menggunakan sumber data purposive
sampling, dalam menganalisis penelitian menggunakan AIDA (Attention, Interest, Desire, Action).
Attention pada penelitian ini adalah cara Pesut Etam mengemas caption, hastag dan poster yang telah
diunggah ke laman facebook dan instagram guna menarik perhatian dari pengguna kedua media sosial
tersebut, Interest membuat Pesut Etam untuk menciptakan citra yang baik melalui reposting
instastory pada akun instagram dan menyediakan fitur ulasan pada akun facebook, Desire dimana
Pesut Etam melihat hasrat pengguna instagram dan facebook dengan mengukur keberhasilan
melakukan interaksi melalui kolom komentar pada postingan kedua media sosial tersebut, dan Action
merupakan cara untuk memengaruhi pengguna media sosial agar melakukan tindakan giveaway yang
diadakan pesut etam guna memperluas pengetahuan masyarakat terhadap objek wisata Kapal Wisata
Pesut Etam.
Kata Kunci: Facebook, Instagram, Promosi Penjualan Masa Covid-19, Strategi Promosi Penjualan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Sosial-Politika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.