Strategi Bank Kaltimtara Dalam Melaksanakan Sosialisasi Quick Response Code Indonesian Standart (QRIS) Sebagai Alat Pembayaran
Keywords:
Quick Response Code Indonesian Standart (QRIS), Strategi KomunikasiAbstract
Teknologi merupakan sebuah sarana yang disediakan untuk keberlangsungan hidup dan kenyamanan manusia dengan menyediakan barang-barang yang diperlukan manusia. Perkembangan teknologi inilah yang membuat manusia untuk memiliki inovasi- inovasi baru dengan tujuan mempermudah kebutuhan hidup. Salah satu contoh yaitu E-Money (Electronic Money). Salah satu inovasi kemajuan teknologi ini terbukti di salah satu daerah Kalimantan yaitu Kecamatan Penyinggahan, Kabupaten Kutai Barat. Bank Kaltimtara melaksanakan sosialisasi mengenai penggunaan Quick Response Code Indonesia Standart (QRIS) bertujuan untuk memajukan system perekonomian di Kecamatan Penyinggahan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh Bank Kaltimtara untuk melaksanakan sosialisasi Quick Response Code Indonesia Standart (QRIS) sebagai alat transasksi pembayaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh denganpengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank Kaltimtara dalam melaksanakan sosialisasi Quick Response Code Indonesia Standart (QRIS) menggunakan metode yang berbeda dengan sosialisasi di kota. Tujuan Bank Kaltimtara membuat sebuah inovasi ini adalah guna memajukan sektor perekonomian di Kecamatan Penyinggahan dan untuk mencapai keberhasilan tersbut maka penerapan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Bank Kaltimtara lebih mengutamakan pada penjualan personal, negosiasi, komunikasi mulut ke mulut atau word of mouth dan direct marketing (melalui media).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Sosial-Politika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.