Strategi Bank Kaltimtara Dalam Melaksanakan Sosialisasi Quick Response Code Indonesian Standart (QRIS) Sebagai Alat Pembayaran

Authors

  • Rossye Bethanita Manullang Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Mulawarman
  • Silviana Purwanti Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Mulawarman

Keywords:

Quick Response Code Indonesian Standart (QRIS), Strategi Komunikasi

Abstract

Teknologi merupakan sebuah sarana yang disediakan untuk keberlangsungan hidup dan kenyamanan manusia dengan menyediakan barang-barang yang diperlukan manusia. Perkembangan teknologi inilah yang membuat manusia untuk memiliki inovasi- inovasi baru dengan tujuan mempermudah kebutuhan hidup. Salah satu contoh yaitu E-Money (Electronic Money). Salah satu inovasi kemajuan teknologi ini terbukti di salah satu daerah Kalimantan yaitu Kecamatan Penyinggahan, Kabupaten Kutai Barat. Bank Kaltimtara melaksanakan sosialisasi mengenai penggunaan Quick Response Code Indonesia Standart (QRIS) bertujuan untuk memajukan system perekonomian di Kecamatan Penyinggahan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh Bank Kaltimtara untuk melaksanakan sosialisasi Quick Response Code Indonesia Standart (QRIS) sebagai alat transasksi pembayaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh denganpengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank Kaltimtara dalam melaksanakan sosialisasi Quick Response Code Indonesia Standart (QRIS) menggunakan metode yang berbeda dengan sosialisasi di kota. Tujuan Bank Kaltimtara membuat sebuah inovasi ini adalah guna memajukan sektor perekonomian di Kecamatan Penyinggahan dan untuk mencapai keberhasilan tersbut maka penerapan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Bank Kaltimtara lebih mengutamakan pada penjualan personal, negosiasi, komunikasi mulut ke mulut atau word of mouth dan direct marketing (melalui media).

Downloads

Published

2024-11-19

How to Cite

Rossye Bethanita Manullang, & Silviana Purwanti. (2024). Strategi Bank Kaltimtara Dalam Melaksanakan Sosialisasi Quick Response Code Indonesian Standart (QRIS) Sebagai Alat Pembayaran. Jurnal Sosial-Politika, 5(2), 92–98. Retrieved from https://jsp.fisip-unmul.ac.id/site/index.php/jsp/article/view/81

Issue

Section

Articles