MODEL STRUCTURAL EQUATION MODELLING (SEM) DAMPAK FAKTOR PEMILIHAN CITY BRANDING “KOTA TUA DAN URBAN”, TERHADAP MOTIVASI, INISIASI DAN IMPLEMENTASI KUNJUNGAN WISATAWAN DI KOTA LAWANG, KABUPATEN MALANG

Authors

  • Arie Wahyu Prananta Univeritas Trunojoyo Madura
  • Agustinus Gregorius Raja Dasion Univeritas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.54144/jsp.v4i1.62

Keywords:

City Branding, SEM, Implementasi Wisatawan

Abstract

Model City Branding di Lawang, Kabupaten Malang bernama “Kota Tua dan Urban” dan menitikberatkan pada strategi pemerintah untuk mem-branding kotanya dengan brand baru. City Branding mengungkapkan bahwa “Kota Tua dan Urban” yang merupakan brand baru Lawang, Kabupaten Malang telah menunjukkan peningkatan pariwisata di Lawang, Kabupaten Malang. Pemerintah mendukung keberhasilan City Branding dan orang-orang dalam Program, Pemangku Kepentingan, dan Budaya untuk mendongkrak pariwisata, yang akan berdampak pada sektor ekonomi dan peningkatan pariwisata secara signifikan. Artikel ini menggunakan metode Kuantitatif didukung dengan wawancara dengan beberapa key informan serta studi dokumen pendukung. Metode Kuantitatif didukung dengan wawancara dengan enam informan kunci dengan purposive sampling serta studi dokumen pendukung. Aplikasi Structural Equation Modelling (SEM)telah digunakan untuk menganalisis data yang terdiri dari Peta Konsep, Analisis Kelompok dan Analisis Klaster dalam penelitian ini. Ada tiga hal yang menjadi temuan dalam penelitian ini yaitu Program berdasarkan SK No. 27 Tahun 2022 Psl. 7 bahwa Branding “Kota Tua dan Urban” diluncurkan pada tahun 2022 dan aplikasi Visit Lawang, Kabupaten Malang berfungsi untuk membantu wisatawan dalam mengeksplorasi pariwisata di Lawang, Kabupaten Malang atau disebut sebagai aplikasi tour guide. Aplikasi Visit Lawang, Kabupaten Malang dapat memudahkan pengguna untuk menemukan objek wisata di Kabupaten Lawang, Kabupaten Malang dengan menampilkan jarak dari lokasi pengguna ke tempat tujuan. Kemitraan didukung oleh stakeholder infrastruktur yang terlibat, yaitu Tim Planalogi, Tim Arsitektur dan Tim Pakar Pembangunan Ekonomi. Dari implementasi program yang terlibat, ada Pemerintah dan Masyarakat.

Downloads

Published

2023-07-25

How to Cite

Prananta, A. W., & Raja Dasion, A. G. . (2023). MODEL STRUCTURAL EQUATION MODELLING (SEM) DAMPAK FAKTOR PEMILIHAN CITY BRANDING “KOTA TUA DAN URBAN”, TERHADAP MOTIVASI, INISIASI DAN IMPLEMENTASI KUNJUNGAN WISATAWAN DI KOTA LAWANG, KABUPATEN MALANG. Jurnal Sosial-Politika, 4(1), 1–19. https://doi.org/10.54144/jsp.v4i1.62

Issue

Section

Articles